0

CIRI KHUSUS MAHLUK HIDUP

45. dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, Maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

46. Sesungguhnya Kami telah menurunkan ayat-ayat yang menjelaskan. dan Allah memimpin siapa yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus.(Qs.An Nur :45-46)


Assalamu'alaikum...sahabat belajarku asyik gimana kabar hari ini? Alhamdulillah kita hari ini bisa bertemu kembali di dunia maya ini. Oke langsung saja kita hari ini akan belajar tentang CIRI KHUSUS MAHLUK HIDUP.


Sahabat belajarku asyik, kita mengetahui bahwa Allah telah menciptakan demikian ragam mahluk hidup di dunia ini, mereka semua mempunyai tugas untuk beribadah kepada Allah dengan caranya masing-masing. Allah telah menciptakana berbagai macam jenis mahluk hidup sesuai dengan tempat tinggal, jenis makanan dan sebagainya sehingga merekapun dibekali dengan berbagai ketrampilan untuk bisa bertahan hidup. Sahabat belajar asyik bisa tengok ulasan lengkap tentang berbagai keajaiban-keajaiban para kreator alam unik di Harun Yahya, seorang peneliti dari Turki. Mereka berbeda-beda sehingga bisa menjadikan ciri khas yang dimiliki oleh masing-masing mahluk. Hal tersebut sudah diungkap oleh Allah SWT dalam Qs. An Nur 45-46. SubhanaLlah ya sahabat belajarku asyik...


Oke para sahabat kita sedikit akan belajar tentang ciri-ciri mahluk hidup:

Bagian pertama adalah hewan

1. Semut

ciri khusus semut

Semut memiliki ciri khusus pada dua antene di kepalanya, dengan antene tersebut semut dapat menyentuh, membau dan merasakan getaran bunyi. Sedangkan mulut pada semut dipergunakan untuk mengecap. Semut berkomunikasi dengan semut lain dengan antenanya. Semut juga dapat mengeluarkan bau khusus untuk menyatakan bahaya atau letakan dimana terdapat makanan.

2. Kucing

Kucing memiliki mata yang dapat menyala saat terkena cahaya pada malam hari. Kucing bergigi taring tajam karena pemakan daging. Kucing memiliki cakar yang tajam dan kuat untuk menangkap dan membunuh mangsanya. Kucing memiliki alat keseimbangan yang terdapat di dalam daun telinganya, sehingga jika jatuh dari ketinggian kucing tetap dapat mendarat dengan cara berdiri. Kaki kucing memiliki lapisan tebal dan empuk, ketika berjalan ia akan menarik kukunya yang panjang ke dalam lapisan tersebut sehingga tidak menimbulkan bunyi saat ia berjalan dan dapat dengan aman untuk mengintai mush atau buruannya.

3. Landak

Landak memiliki bulu berbentuk duri yang tajam dan kuat. Duri-duri itu akan berdiri saat landak menghadapi ancaman dari predator. Dan jika berhasil menancapkan bulunya, maka lawannya akan terluka, bahkan durinya tersebut akan menancap dan menempel di tubuh lawannya. Landak adalah hewan pengerat yang sering tinggal dilubang-lubang tanah.

4. Ikan cumi

Ikan cumi memili tentakel yang berotot lentur dapat mengkerut dan memanjang sehingga dapat bergerak dengan cepat. Cumi-cumi dapat mengeluarkan tinta berwarna pekat. Cumi-cumi juka mampu memancarkan cahaya warna-warni pada tubuhnya, fungsinya untuk memikil mangsanya agar mendekat untuk kemudian dapat dengan mudah ditangkap dan dimangsa olehnya.

5. Burung hantu

Burung hantu memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam dan peka untuk menemukan mangsanya di malam hari. Memiliki bulu yang halus dan lembut sehingga tidak terdengar saat terbang, dengan demikian ia dapat menyambar mangsanya secara diam-diam. Mempunyai leher yang lentur yang dapat berputar 180 derajat, sehingga dapat melihat mangsanya yang ada di belakang.

6. Trenggiling

Trenggiling memiliki cakar yang kuat untuk menarik rayap/semut dari sarangnya Tidak memiliki gigi, tetapi memiliki lidah yang panjang dan lengket yang dapat dijulurkan untuk memperdaya mangsanya Memiliki sisik yang tebal dan keras, dan dapat menggulung tubuhnya seperti bola untuk melindungi diri

7. Cicak

Ciri khusus pada cecak memiliki perekat pada setiap ujung jari kakinya. Dengan perekat inilah kaki cecak dapat menempel di dinding. Cicak mempunyai kemampuan autotomi, yaitu cicak dapat memutuskan ekornya secara tiba-tiba. Cicak melakukan autotomi saat ditangkap mangsa. Dengan begitu, cecak dapat melarikan diri. Ekor cicak yang putus dapat tumbuh kembali. Cicak memiliki lidah yang panjang dan lengket. Lidah semacam ini berguna agar mudah memangsa makanan yg sedang terbang.

8. Kelelawar

Ciri khusus pada kelelawar memiliki indra pembau dan pendengar yang tajam. Dengan penggabungan keduanya, kelelawar dapat menemukan makanan. Kelelawar dapat menentukan arah terbang dan menghindari tabrakan. Kelelawan hewan yang mencari makannannya pada malam hari. Kelelawar juga memiliki kemampuan ekolokasi, dengan suara ultrasonic yang dikeluarkannya saat terbang, ia dapat menentukan dimana letak mangsanya, dan menghindari bertabrakan dengan benda lain.

9. Bebek

Bebek merupakan jenis unggas yang hidup di air, terutama di perairan yang dangkal. Oleh karena itu, kaki bebek pendek dan pada sela-sela kakinya dilengkapi dengan selaput kulit yang dapat membantunya ketika berenang di air. Selain, itu dengan bentuk seperti ini, memudahkan bebek berjalan di atas permukaan tanah berlumpur. Makanan bebek ialah cacing. Ternyata, bebek telah dilengkapi dengan bentuk paruh yang pipih dan lebar. Bentuk paruh seperti itu membantu bebek untuk mencari cacing yang ada di balik lumpur. Paruh tersebut digunakan untuk menyaring makanan dari air. Kaki berselaput juga dimiliki angsa. Sementara, ayam tidak memiliki jari berselaput. Ayam hidup dan mencari makan di darat saja. 

Agar tubuhnya tidak basah jika terkena air, bulu bebek dilapisi oleh minyak. Dengan demikian, pada saat bebek sampai di darat ia hanya tinggal mengibas-ngibaskan badannya dan air yang menempel di tubuhnya keluar. Jika bulu tubuhnya tidak dilapisi oleh minyak, air yang menempel akan terus menyerap ke dalam bulu tubuh bebek.

10. Onta

Tubuh unta memiliki beberapa keistimewaan yang memungkinkan bagi unta bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan. Bulu mata unta memiliki sistem pengaitan. Dalam keadaan bahaya, bulu ini secara otomatis menutup. Bulu mata yang saling berkait ini mencegah masuknya debu ke mata. Hidung dan telinga ditutupi oleh bulu panjang agar terlindungi dari debu dan pasir. Unta memiliki punuk, yaitu gundukan lemak yang terdapat di punggung. Punuk unta menyediakan sari makanan bagi hewan ini ketika ia mengalami kesulitan makanan dan kelaparan. Kaki unta memiliki ukuran besar untuk membantunya berjalan di atas pasir tanpa terperosok. Kaki unta memiliki telapak yang luas dan menggembung. Selain itu, kulit tebal khusus di bawah telapak kaki merupakan perlindungan terhadap pasir yang sangat panas. 

11.Bunglon

Dapat mengubah warna tubuhnya sebagai tanggapan terhadap perubahan suhu dan cahaya di sekitarnya.Kemampuan untuk menyamar membantu bunglon untuk menangkap mangsa dan menghindari pandangan musuh. Kemampuan tersebut dinamakan mimikri. Memiliki lidah panjang dan lengket untuk menangkap mangsa dan membawanya ke rahang. Memiliki mata yang dapat berputar dan dapat melihat ke segala arah.Memiliki kaki yang dapat mencengkeram seperti tangan agar dapat menggenggam dengan kuat.


Bagian kedua adalah tumbuh-tumbuhan:

1. Bakau/Mangrove

Akar yang dapat menyaring garam. Akar bakau yang dapat menyaring garam berguna agar bakau tetap hidup.Jika ada garam yang terhisap, garam akan disalurkan ke daun yang sudah kering yang akan gugur.Akar yang saling tumpang tindih, akar bakau seperti ini karena tempat tinggal bakau mengandung oksigen hanya sedikit. Akar seperti ini memudahkan mengambil oksigen sebanyak mungkin dan mampu menahan hempasan ombak.

2. Teratai

Daun yang lebar, daun seperti ini berguna untuk teratai mengapung dan juga mempercepat penguapan.Teratai harus banyak-banyak melakukan penguapan agar tidak mati terlalu banyak air.Batang yang berongga, batang yang berongga seperti ini berguna untuk menyalurkan oksigen dari daun ke akar.

3. Kantong Semar

Merupakan tumbuhan insektivora yaitu tumbuhan pemakan serangga. Mempunyai daun yang termodifikasi berbentuk kantung.Kantung semar mengeluarkan nectar(cairan manis bahan pembuat madu), untuk memikat serangga. Serangga yang terjatuh ke dalam kantung akan dicerna dan diserap nitrogennya

4. Venus Fly Trap

Memiliki daun yang dipenuhi cairan nektar untuk menarik serangga agar menyentuh daun, rambut-rambut sensitif pada permukaan daun akan menanggapi rangsang tersebut dengan mengatupkan kedua helai daunnya. Kemudian venus flytrap mengeluarkan cairan pencerna untuk menghancurkan serangga yang terjebak.

5. Kaktus

Memiliki daun yang berbentuk duri untuk mengurangi penguapan air. Memiliki akar yang sangat panjang untuk menyerap air sebanyak-banyaknya pada musim hujan.  Batang kaktus berfungsi untuk menyimpan air.

6. Raflesia

Tumbuhan Raflesia memiliki bunga berbau bangkai menarik perhatian lalat. Lalat diperlukan oleh bunga Rafflesia untuk membantu terjadinya penyerbukan.

7. Eceng Gondok

Mempunyai tangkai daun yang menggelembung(berongga), yang berfungsi untuk mengapung di permukaan air.

8. Putri Malu

Tanaman putri malu menutup daunnya untuk melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang ingin memakannya. Warna daun bagian bawah tanaman putri malu berwarna lebih pucat, dengan menunjukkan warna yang pucat, hewan yang tadinya ingin memakan tumbuhan ini akan berpikir bahwa tumbuhan tersebut telah layu dan menjadi tidak berminat lagi untuk memakannya. 


Link Terkait:

Soal Ulangan Ciri Khusus Mahluk Hidup:

http://belajarku-asyik.blogspot.com/2015/05/soal-ulangan-harian-ciri-khusus-mahluk.html


Sumber.

1. http://mastugino.blogspot.com/2012/07/ciri-khusus-hewan.html

2.http://online-school-ipa-6.blogspot.com/2012/11/ciri-khusus-pada-beberapa-hewan.html

3. http://brainly.co.id/tugas/155938

4. http://kennyginting.blogspot.com/2012/08/ipa-kelas-6-bab-1-ciri-khusus-hewan.html

Post a Comment

Silakan isi komentar yang sopan!

 
Top